Kamis, 10 Juli 2008

Straw Castle


Games ini dapat dimainkan di dalam ruangan. Alat yang diperlukan hanyalan 3-5 bungkus sedotan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 6-10 orang. Berbekal sedotan yang ada, setiap kelompok diminta membuat sebuah istana yang indah dan kokoh. Lama waktunya ditentukan oleh fasilitator, bisa 15-30 menit, tergantung jumlah sedotan yang akan diberikan kepada kelompok. Mereka tidak boleh menggunakan alat bantu yang lain.

Sebagai variasi, dapat juga digunakan sedotan yang berbeda-beda warna diantara kelompok-kelompok yang ada, dan mereka diijinkan untuk saling barter, untuk membuat bangunannya lebih indah. Biasanya dinamika dalam interkasi antar kelompok menjadi lebih menarik.

Games ini dapat juga dijadikan alat "LGD" (Leaderless Group Discussion) karena dalam games ini diperlukan perencanaan dan strategi serta pembagian tugas. Komunikasi dan insiatif juga dapat diamati dalam games ini. Fasilitator mesti cermat dalam mengobservasi dan mencatat hal-hal penting untuk didiskusikan dalam debrief.

Pemenangnya adalah kelompok yang dapat membuat istana paling bagus dan paling kokoh. Uji konstruksi dapat dilakukan untuk melihat kekokohan. Jika memungkinkan sediakan hadiah bagi pemenang agar dapat lebih memeriahkan suasana.

Tidak ada komentar: